CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG DENGAN MUDAH

CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG DENGAN MUDAH | Sesuai dengan judulnya saya akan membahas tuntas tentang CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG DENGAN MUDAH dan tentunya lebih cepat , membuat tabel dalam sebuah artikel untuk blogger pasti mengalami kesulitas, apalagi kalau belum paham tentang kode HTML pasti akan mengalami Kebinggungan .

Sebenarnya bisa saja kita membuat tabel dengan mengcopy paste dokumen tabel yang sudah kita buat di Microsoft Word atau Excel . Tapi jika sobat blogger memiliki koneksi internet yang lelet terkadang tidak bisa terpublikasi , karena tabel atau dokumen yang langsung kita copy paste dari microsoft word atau Excel tadi sebenarnya memiliki kode - kode sangat rumit . Terkadang pula tabel yang sudah kita copas dari Excel , ketika dimasukkan ke postingan blog tidak seperti apa yang kita inginkan / tidak sempurna .

Untuk para sobat Ic Creem tentunya kadang - kadang membutuhkan tampilan tabel untuk postingan-nya . Selain agar terlihat rapi , input / penulisan yang sangat singkat dan tidak terlalu menghabiskan tempat .

Membuat Tabel Blogger adalah sesuatu yang membutuhkan sedikit keahlian dalam HTML dan juga di CSS . Terkadang anda mungkin ingin konten anda akan diselenggarakan secara sistematis ke dalam bentuk tabel selaras dengan benar dalam garis dan kolom . Sayangnya , Blogger tidak menyediakan alat atau pilihan untuk membuat Tabel untuk situs anda .

Disini saya akan memberikan 2 cara untuk menggunakan atau menambahkan Tabel pada Postingan Blog .


CARA PERTAMA :

1. Buatlah terlebih dahulu tabel artikel seperti biasanya di Microsoft Word atau Microsoft Excel .
2. Block / Highlight tabel yang sudah jadi tadi , kemudian copy .
3. Lalu Setelah dicopy , Masukkan ke http://tableizer.journalistopia.com
4. Paste dokumen tabel tadi didalam form kotak yang telah disediakan .
Paste your cells from Excel , Calc or Other Speadsheet Here :

CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG DENGAN MUDAH
5. Jangan lupa mengatur ukuran huruf , jenis huruf , dan warna header tabel di postingan blog Kolom merah pada gambar diatas .

6. Jika sudah selesai lihat preview kodenya dibagian bawah , Klik Tablieze it ! maka akan muncul atau tampil seperti gambar dibawah ini :
CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG DENGAN MUDAH
7. Tunggu sebentar , maka akan di dapat kode HTML untuk tabel yang siap dimasukkan di dalam postingan blog .

8. Langkah berikutnya adalah copy kode yang di dapatkan di form

9. Masuk pada Entry Baru (Pembuatan artikel) ,  Silahkan untuk memasukkan kalimat  yang anda inginkan .

Klik Menu Compose yang tempatnya di samping HTML

Pastekan kode yang sudah anda copy tadi ke tempat yang anda inginkan .

10. Kembali ke menu Compose untuk memasukkan kalimat atau kata - kata yang lainnya , Jika tebel berada di tengah postingan .

Note : Jika pada postingan sobat tidak ada garis atau bordernya , jangan bingung sobat , Setelah anda publikasikan maka hasilnya akan ada border atau garisnya .

Screenshot hasil dari Tableizer cara membuat tabel di blog , seperti dibawah ini :
No
Tutorial
Keterangan
1
Cara Membuat tabel pada blog
Tablizer
2
Cara Membuat tabel pada blog
HTML
3
Cara Membuat tabel pada blog
CSS

CARA KEDUA :

Berkaitan dengan artikel diatas yaitu menggunakan Microsoft Excel atau Microsoft Word , Pada artikel ini saya hanya menggunakan Microsoft Word saja . 
Ingat !! Anda dapat menggunakan versi Microsoft Word . Namun , dalam tutorial ini saya menggunakan screenshot dari Microsoft Office 2010 .
# Langkah Pertama :

Setelah membuka Microsoft Word , hal berikutnya adalah membuat tabel . Caranya pergi ke Insert >> Tabel >> Sekarang melalui grid tabel , anda dapat memilih jumlah baris dan kolom yang diinginkan . Contohnya bisa anda lihat pada sreenshot dibawah ini :
CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG DENGAN MUDAH
 Setelah Tabel siap , anda mungkin ingin memberikan sedikit terlihat keren dan berwarna . Pergi ke " Design " tab dan dari sana anda dapat menerapkan gaya pra - design . Ini memberikan anda banyak pilihan untuk kustomisasi . 
CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG DENGAN MUDAH
Anda juga dapat meningkatkan ruang antara dua baris dan kolom . Hanya menempatkan kursor di atas garis dan tarik sampai menemukan seperti yang anda inginkan . Sekarang anda mulai mengisi baris kosong dan kolom dengan konten anda . Contohnya bisa anda lihat sreenshot berikut ini :
CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG DENGAN MUDAH
# Langkah Kedua : 

Setelah anda berhasil membuat tabel di Microsoft Word , anda perlu menimpan dokumen anda terlebih dahulu dalam ekstensi HTML . Caranya : pergi ke File >> Save as dan dari daftar drop-down pilih " Web Page , Difilter " dan tekan tombol " Simpan " . Saran saya simpan file pada desktop sehingga anda dapat mengaksesnya dengan mudah .
CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG DENGAN MUDAH
Sekarang anda telah dikonversi ke dalam halaman Web HTML . Sehingga cukup pergi ke lokasi dimana anda menyimpan dokumen ke file HTML anda . Sekarang buka file yang tadi dengan cara " Open with >> Notepad ".
CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG DENGAN MUDAH
Copy semua Coding HTML di Notepad . Sekarang pergi ke Blogger.com >> Situs Anda >> Tambahkan Posting Baru >> Edit HTML , dan sekarang paste kode HTML di editor posting Blogger yang anda copy beberapa saat yang lalu . Setelah semua anda lakukan dengan baik sekarang tekan tombol " Publish " .
CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG DENGAN MUDAH
Selesai : anda telah berhasil menambahkan tabel dalam postingan anda . Coba check ke postingan anda untuk melihat apakah cara tadi bekerja dengan baik atau tidak . 

Unknown

Thanks for visited and read my post.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com